header-int

spmi

Posted by : Administrator
Share

MEKANISME JAMINAN MUTU PROGRAM STUDI KEBIDANAN AKBID PURWOREJO

1. Perencanaan Mutu

Perencanaan mutu, meliputi penetapan kebijakan mutu, penetapan tujuan mutu beserta indikator pencapaiannya, serta penetapan prosedur untuk pencapaian tujuan mutu.

Kebijakan mutu AKBID Purrworejo adalah : Secara efisien menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan stakeholder; Upaya pemenuhan dinamika kepuasan stakeholder nasional dan global didukung oleh komitmen tinggi terhadap mutu oleh seluruh komponen yang terlibat dalam proses pendidikan. Kebijakan mutu AKBID Purworejo dijabarkan menjadi kebijakan mutu tingkat Akademi.

Berdasarkan kebijakan mutu AKBID Purworejo tersebut, maka ditetapkan tujuan dan sasaran mutu AKBID Purworejo sebagai berikut :

  • Bidang akademik
  1. Mahasiswa memperoleh kualifikasi yang diinginkan dalam waktu yang sesingkat mungkin (95% mahasiswa D III lulus dalam 3 tahun)
  2. 85% Lulusan bisa bekerja segera setelah lulus.
  • Bidang administrasi dan penunjang pendidikan
  1. Prosedur rutin dilaksanakan secara efisien dengan waktu stakeholder yang minimum
  2. Staf administrasi bersifat Sabar dan siap membantu
  3. Lingkungan selalu kondusif untuk pembelajaran
  4. Prosedur untuk pencapaian tujuan dan sasaran mutu dituangkan dalam bentuk Standar Operating Procedure (SOP) untuk seluruh kegiatan kunci pada proses pendidikan. SOP tersebut disusun dengan mengacu pada kebijakan mutu, tujuan dan sasaran mutu serta standar mutu pendidikan.

2. Pelaksanaan

Untuk menjamin mutu pendidikan, maka seluruh proses pendidikan, termasuk pelayanan administrasi pendidikan dilaksanakan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Direktur bertanggungjawab dalam mengendalikan seluruh proses pendidikan berdasarkan SOP tersebut, termasuk mengoptimalkan dosen, tenaga penunjang dan mahasiswa agar menjalankan peran masing-masing sesuai SOP, memantau pelaksanaannya dan memberikan umpan balik kepada pihak terkait (dosen, tenaga penunjang dan mahasiswa) serta memastikan pelaksanaan pemberian reward sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Unidha AKBID Purworejo telah melaksanakan Akreditasi Institusi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) tanggal 8 - 9 Desember 2016 dan Akreditasi Program Studi oleh LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Indonesia) Tanggal 21 - 23 Desember 2016 dengan Predikat B
© 2019 Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Follow AKBID PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube