header-int

ujian praktik Ketrampilan Dasan Kebidanan

Sabtu, 04 Jul 2020, 12:38:12 WIB - 93 View
Share
ujian praktik Ketrampilan Dasan Kebidanan

Ujian Mata Kuliah Praktik Keterampilan Dasar Kebidanan (Praktik KDK) mahasiswa D-3 kebidanan semester II telah dilaksanakan selama 2 hari (2&3 Juli 2020) di Lab Kebidanan Gedung B Akbid Purworejo. Ujian tersebut bertujuan menghasilkan lulusan bidan dengan kompetensi yang berkualitas, baik dari pengetahuan, keterampilan, sikap yang sesuai dengan standar profesi kebidanan.Untuk mencapai tujuan tersebut harus melewati proses pembelajaran :

? Pencegahan infeksi(penggunaan APD dan cuci tangan pakai sabun/CTPS)
? Menyiapakan tempat tidur terbuka
? Mengukur TTV (Tekanan darah, suhu, nadi dan pernapasan)
? Pemasangan Oksigen
? Pengambilan spesimen darah
? Heacting
? Melepas jahitan (aff heacting)
? Perawatan Luka
? Pemasangan kateter
? Injeksi Intramuskular dan intracutan

kira-kira sepuluh perasat itulah yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa dan harus lulus jika tidak lulus maka dengan terpaksa mahasiswa tersebut tidak bisa dipraktekkan kelahan dan harus mengulang tahun depan. Mahasiswa yang sudah lulus semua perasat baru bisa diterjunkan kelahan praktek.

Semua peserta dan penguji wajib menggunakan peralatan standar kesehatan, yaitu menggunakan sarung tangan dan masker. Mahasiswa wajib melakukan protocol social distancing (jaga jarak , berusaha tidak berkerumun, dan tidak berjabat tangan). Sebelum masuk lingkungan kampus (di pintu masuk) dilakukan pemeriksaan awal meliputi pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer dan menggunakan masker.

Unidha AKBID Purworejo telah melaksanakan Akreditasi Institusi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) tanggal 8 - 9 Desember 2016 dan Akreditasi Program Studi oleh LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Indonesia) Tanggal 21 - 23 Desember 2016 dengan Predikat B
© 2020 Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Follow AKBID PURWOREJO: Facebook Twitter Linked Youtube