Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

yudi | Jumat, 06 Juni 2014 - 14:00:43 WIB | dibaca: 3755 pembaca

PENGEMBANGAN LABORATORIUM KOMPUTER YANG IDEAL AKBID PURWOREJO

Pemanfaatan teknologi informasi yang tepat untuk pengembangan laboratorium komputer memberikan dampak yang cukup signifikan dalam proses belajar mengajar. Hasilnya, mahasiswa merasa enjoy karena berkurangnya proses membayangkan sesuatu yang seharusnya dapat mereka lihat secara langsung.
Kebutuhan laboratorium komputer menjadi syarat mutlak pada sebuah Akademi. Namun sampai saat ini masih belum ada panduan secara tertulis tentang standar kebutuhan laboratorium komputer. Yang ada saat ini adalah bagaimana Akademi berlomba-lomba menghadirkan teknologi komputer terkini untuk Akademinya. Hal tersebut sah-sah saja, seturut dengan semakin mudah dan murahnya harga sebuah teknologi komputer. Namun ada baiknya dikaji lagi apakah laboratorium komputer bisa memberikan nuansa yang berbeda bagi Dosen pendidik dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Secara umum proses belajar mengajar yang terjadi pada sebuah laboratorium komputer adalah Dosen menerangkan konsep dan menuliskannya dipapan tulis, kemudian mahasiswa memperhatikan, mencatat, dan kemudian melakukan proses praktik. Jika mahasiswa bertanya tentang hal yang berhubungan dengan praktik, maka Dosen akan menerangkannya di papan tulis. Ujung-ujungnya adalah mahasiswa membayangkan apa yang tertulis dipapan tulis dengan kenyataan sebenarnya. Walaupun ada solusi sederhana dan gampang dengan membeli LCD Projector, masalah selesai. Tetapi lain halnya bila Akademi hanya bisa menghadirkan 20 – 30 komputer yang cukup terkoneksi dalam jaringan komputer sederhana, dan keterbatasan dana untuk membeli perangkat LCD Projector. Alur proses belajar mengajar seperti diatas mengakibatkan sekitar 30% waktu terbuang karena harus menunggu tulis menulis dipapan yang seharusnya dapat di tampilkan secara langsung disetiap tampilan display para mahasiswa. Jadi, apa yang dilakukan dan terlihat oleh pengajar, maka hal tersebut dapat pula terlihat pada tampilan display masing-masing mahasiswa.
Pembagian kelas menjadi dua kelas kecil terbagi atas kelas genap dan kelas ganjil menjadi solusi yang lebih baik dalam penyampaian materi ajar kepada mahasiswa. Diketahui bersama bahwa materi TIK lebih dominan aspek psikomotoriknya. Sehingga dengan adanya kelas kecil maka Dosen lebih detail dalam membimbing mahasiswanya. Kesan yang didapat oleh mahasiswa adalah mereka mendapatkan porsi yang cukup dalam menerima pelajaran karena Dosen mempunyai banyak kesempatan mengajari mahasiswa dalam sebuah kelas kecil. Tentu saja hal ini harus di dukung dengan jumlah sumber daya manusia yang cukup. Jumlah sumber daya manusia yang ideal dalam pengembangan sebuah laboratorium komputer adalah 3 – 4 orang. Sehingga dimungkinkan pada sebuah laboratorium terdapat 2 Dosen pengajar dan 1 orang yang difungsikan sebagai asisten lab, secara bergantian tiap minggunya.
Pengembangan laboratorium komputer yang baik dilihat dari 3 segi, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan sumber daya manusianya (brainware). Dari segi perangkat keras, hampir disemua Akademi sudah berbasiskan pentium 4. Tapi menjadi tantangan tersendiri bila perangkat kerasnya menggunakan perangkat keras berbasiskan pentium 4 atau Dual Core. Disinilah peran sebuah jaringan komputer / Local Area Network (LAN) memegang peranan penting. Dengan jaringan komputer, maka keterbatasan sumber daya perangkat keras dapat diatasi. Sumber dari Wikipedia, sebuah Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain serta dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain dan berbagi sumber daya (sharing). Sharing perangkat keras, sharing data, dan remote sistem memberikan banyak kemudahan. Berbekal Network Card (NIC), kabel UTP dan RJ-45, serta beberapa Switch/hub, sebuah jaringan komputer sederhana dapat dibuat.
Langkah selanjutnya adalah merancang sedemikian rupa metode belajar mengajar dengan memanfaatkan semaksimal mungkin jaringan komputer yang sudah ada. Mulai dari perangkat pembelajaran, media pembelajaran yang berbasis TIK, sistem evaluasi yang sifatnya paperless, proses belajar mengajar yang interaktif. Jaringan komputer yang telah dibuat tidak mungkin memberikan hasil yang maksimal jika tidak didukung dengan perangkat lunak yang berbasiskan teknologi Akademi. Seperti diketahui bersama bahwa penilaian kepada mahasiswa meliputi 3 aspek yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Dosen diharapkan dapat memberikan penilaian secara detail pada setiap aspeknya. Dengan dukungan laboratorium yang sudah ber jaringan komputer, diharapkan proses penilaian menjadi lebih mudah. Dosen dapat memonitor semua aktifitas kegiatan mahasiswa satu demi satu melalui komputer Dosen tanpa harus berkeliling satu per satu. Ada beberapa perangkat lunak yang berfungsi sebagai sistem kendali (remote system) dari mulai yang sederhana sampai dengan yang dikhususkan untuk lingkungan pendidikan. Seperti diantara remote administrator, netsupport, netop dan masih banyak lagi. Perangkat lunak inilah yang nantinya akan mendukung sistem pembelajaran yang interaktif. 

JADWAL PENGGUNAAN LAB KOMPUTER










Komentar Via Website : 31
pengobatan tradisional kelenjar tiroid
04 Desember 2014 - 13:47:55 WIB
terimakasih informasinya
Obat Tradisional nyeri Haid
18 November 2014 - 11:21:04 WIB
Infonya sangat membatu sekali, thx gannnn.....
Obat Tradisional nyeri Haid
18 November 2014 - 11:20:59 WIB
Infonya sangat membatu sekali, thx gannnn.....
rina
08 Januari 2015 - 16:58:19 WIB
cara memasak cumi lengkap ada dimari http://bit.ly/1BKGBnM
Jaket Kulit Surabaya
21 Mei 2015 - 10:29:04 WIB
Salam hangat semoga anda semangat dalam menjalankan di setiap aktifitasnya
Pengobatan Tradisional Hipertiroid
06 Juni 2015 - 08:00:01 WIB
selamat sore,,,semoga bermanfaat
makasih buat beritanya
Pengobatan Tradisional Peradangan Hati
06 Juni 2015 - 11:41:46 WIB
selamat pagi..semangat pagi
postinganya sangat bermanfaat..terimakasih sudah membaginya kepada kami...
AwalKembali 123... 4 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)