Diwisuda, Lulusan Akbid Langsung Disumpah

Berita/Info

Diwisuda, Lulusan Akbid Langsung Disumpah

yudi | Senin, 01 Oktober 2018 - 10:17:31 WIB | dibaca: 307 pembaca

PURWOREJO- Akademi Kebidanan (Akbid) Bhakti Putra Bangsa Purworejo menggelar Wisuda Diploma III Kebidanan Periode VIII , Sabtu (29/9). Usai diwisuda, sebanyak 48 lulusan langsung menjalani dua prosesi pengambilan sumpah/janji sekaligus.
Masing-masing yakni Pengambilan Sumpah Tenaga Kesehatan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah yang diwakili Kabid Sumber Daya Kesehatan, Taufiqurrohman SKM MKes, dan Sumpah Profesi oleh Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Purworejo, Ernaningsih SSiT MKes.
Pengambilan kedua sumpah dilakukan sebagai bentuk kesiapan lulusan untuk memasuki dunia kerja dan melayani masyarakat sesuai dengan kode etik, kewenangan, serta kewajibannya.
Direktur Akbid, Nurma Ika Zuliyanti SST MKes dalam laporannya menyebutkan bahwa sebanyak 48 mahasiswa yang diwisuda telah menyelesaikan proses pendidikan dengan tuntas. Diawali dari tahapan pengenalan program studi, perkualihan selama 6 semester dengan menempuh 115 semester, hingga pembelajaran di lahan praktik. Para lulusan juga telah mengikuti Ujian Akhir Program Institusi dengan metode OSCE dan Laporan Tugas Ahir.
Pada wisuda periode ini, tercatat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi 3,78, IPK terendah 3,01, dan IPK rata-rata 3,34.
“Sebanyak 8 mahasiswa meraih predikat kelulusan Dengan Pujian dan 40 mahasiswa lulus dengan predikat Sangat Memuaskan,” sebutnya.
Diungkapkan, Akbid Bhakti Putra Bangsa sebagai institusi kebidanan satu-satunya di Kabupaten Purworejo telah melalui proses penyelenggaraan pendidikan dengan penuh dinamika. Namun, selama 10 tahun terakhir dinamika perkembangan Akbid menunjukkan adanya peningkatan, baik kuantitas maupun kualitas.
Dari segi kuantitas terdapat peningkatan pendaftar dari tahun ketahun, Ruang perkuliahan yang representatif dengan layanan internet dan layanan/akses internet 24 jam, serta ruang dan alat laboratorium kebidanan yang sesuai standar rasio mahasiswa. Selain itu juga tersedianya asrama bagi mahasiswa.
Secara kualitas, Akbid Purworejo sudah terakreditasi BAN-PT pada tanggal 8-9 Desember 2016 dan Akreditasi Program Studi oleh Lam PTKes  pada tanggal 21-23 Desember 2016.
“Penyegaran ilmu dan informasi terbaru di bidang kesehatan secara berkala diberikan kepada mahasiswa melalui seminar kesehatan serta memberlakukan ekstrakurikuler wajib yang dapat menunjang kreativitas mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial kemanusiaan serta kewiraushaan yang melibatkan masyarakat di sekitar Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, usai menyerahkan penghargaan bagi wisudawan berprestasi menegaskan bahwa Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak. Mengingat pentingnya peran bidan, pihaknya berharap lulusan Akbid dapat menjadi bidan professional yang selalu siap melayani masyarakat.
“Sangat diperlukan bidan-bidan professional yang siap dan sigap membantu masyarakat dalam proses persalinan, mengedukasi ibu hamil, maupun memantau proses persalinan,” tegasnya. (top)

Sumber : Purworejo Express










Komentar Via Website : 34
Cara Mengatasi Ambeien
09 Oktober 2018 - 07:18:00 WIB
Selalu ada yang menarik untuk disimak. Ambil positifnya, dan jadikan pelajaran :)
| http://bit.ly/2E5foby | http://bit.ly/2C1C7Tr | http://bit.ly/2yoZWBd | http://bit.ly/2ypZbrt |
Obat Infeksi Rahim
12 Oktober 2018 - 13:55:52 WIB
find us on google. Thanks you
https://agaricproobatinfeksirahim.wordpress.com/car a-mengobati-infeksi-rahim-secara-alami
Penyebab Gagal Ginjal Kronis
17 Oktober 2018 - 09:02:09 WIB
Menarik untuk disimak. Ambil positifnya, ya, min :) Salam sukses! | https://lnkd.in/fYGDdTK |
Obat Infeksi Saluran Kemih
17 Oktober 2018 - 12:54:17 WIB
find us on google. Thanks you
https://obatinfeksisalurankemih391614294.wordpress. com/cara-mengobati-infeksi-saluran-kemih-secara-alami
AwalKembali 123... 4 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)